Mengenal Lingkungan kerja di Korea Selatan


pinjaman-tanpa-agunanLain lubuk lain belalang, lain negara pasti lain pula kebiasaan orang-orangnya. Kira-kira begitu maksud peribahasa tersebut untuk menggambarkan keragaman antar daerah. Tentunya sebagai Buruh Migran Indonesia (BMI) atau lebih sering disebut Tenaga Kerja Indonesia (TKI) harus tahu persis kondisi lingkungan kerja di negara Tujuan. Kekurangtahuan BMI tentang budaya dan kondisi kerja negara tujuan bisa jadi menghantarkan BMI ke permasalahan pelik. Tentu saja kekurangtahuan BMI ini menghambat proses kerja dan kenyamanan bekerja.

Salah satu negara favorit pilihan BMI adalah Korea Selatan (Korsel). Meskipun Korea Selatan termasuk dalam kawasan Asia, namun banyak perbedaan budaya. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan orang korea Selatan di lingkungan kerja.

Hal pertama yang harus diketahui oleh BMI adalah ciri khas orang Korsel, mereka pekerja keras, disiplin, sigap, dan berusaha menujukkan integritas kinerjanya. Karenanya orang Korsel tak segan-segan berlaku keras dan kasar tehadap BMI demi kedisplinan kerja. Tak jarang pula banyak BMI yang sering dimarahi dengan kata-kata kasar, bahkan dengan memegang dan mendorong kepala BMI, hal ini sangat biasa terjadi disana. Namun setelah marah, orang Korsel tidak akan menyimpan dendam, persoalan cukup berhenti ketika usai marah. Umumnya mereka kembali baik dan pekerjaan pun kembali berlanjut.

Kedua, terkait dengan hubungan antara atasan (bos) dengan bawahan, kesopanan wajib dijaga. Orang Korsel jarang sekali melanggar aturan yang dibuat oleh bos, mereka selalu menaatinya, bekerja sigap, cepat dan menunjukkan kerja yang baik. Meskipun terdengar agak tidak demokratis, jika BMI memilih aman ada baiknya menaati aturan yang dibuat selama masih wajar. Hal penting lainnya di lingkungan kerja adalah mengakui kesalahan dengan sportif lalu meminta maaf langsung ketika melakukan kesalahan tanpa dibumbui dengan banyak alasan. Orang Korsel tidak menyukai orang yang tidak sportif dan banyak alasan.

Ketiga, seperti negara Timur kebanyakan, Korsel juga masih menjaga etika kesopanan dan budayanya. Saling menghormati antara atasan dan bawahan, dan saling membantu anatar senior dan junior itu wajib hukumnya. Bentuk rasa penghormatan orang Korsel salah satunya adalah dengan memberi salam dan membungkukkan badan 45 derajat ketika bertemu. Selain salam ketika bertemu, orang Korsel juga sangat gemar mengucapkan salam sesuai situasi dan kondisi seperti; selamat datang, selamat tinggal, selamat bekerja, dan lainnya.

Soal etika, kebiasaan orang di Korsel adalah menerima sesuatu dengan kedua tangan begitu pula ketika memberikan sesuatu ke orang harus menggunakan kedua tangan. Jangan lupa, setelah menerima sesuatu ucapkan terimakasih. Begitu juga ketika sehabis menerima bantuan dari seseorang segera ucapkan terimakasih.

Fakta lainnya tentang kebiasaan orang Korsel adalah soal minuman keras atau minuman beralkohol. Orang Korsel baik laki-laki dan perempuam sangat terbiasa menegak minuman beralkohol dalam acara tertentu. Minum minuman jenis ini juga masuk dalam tradisi menyambut orang baru, ritual ini dianggap sebagai penghormatan dan simbol pertemanan. Sedangkan bagi BMI yang mayoritas beragama Islam dan tidak minum alkohol, baiknya ikut minum sedikit saja untuk formalitas menghargai mereka.

Masih terkait dengan orang Korsel dan minuman beralkohol. Orang Korsel biasa pergi minum ke cafe atau bar bersama teman untuk melepas stress. Bagi orang Korsel, seseorang yang diajak minum hingga mabuk sudah dianggap sebagai teman. Sehingga rahasia diantara mereka akan aman karena ada rasa saling percaya antar teman.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh BMI laki-laki adalah tempat merokok. Tidak sopan merokok di depan orang tua, atau di tempat umum. Pilihlah tempat yang tidak termasuk kategori tersebut dan tempat lainnya yang ada larangan merokok. (TangWong:)

About Bedjo29Shop
Terimakasih Gan ..?! atas kepercayaannya belanja di lapak kami ... Kepuasan Agan adalah kebanggaan kami .....

6 Responses to Mengenal Lingkungan kerja di Korea Selatan

  1. adis noviani says:

    slm kenal admin🙂
    mw tny dong sy lulus dr d3 kfarmasian bisa ga ya kl jd TKI d sna msal d RS atau lingkunagn kesehatan lain.a atau pabrik obat?mhon info.a trimksh🙂

  2. adis noviani says:

    slm kenal admin🙂
    admin sy mw tny sy kan lulus dr d3 kfarmasian bisa ga ya kl jd TKI d sna msal d RS atau lingkunagn kesehatan lain.a atau pabrik obat?mhon info nya ya trimaksh

  3. Jambe Ndawe says:

    Bisa adis …. kalau mo ke bidang kesehatan … tahun kemarin ada job di Jepang .. klau mau kesana …

  4. Jambe Ndawe says:

    Kalau mo kerja di kesehatan … bisa magang di jepang non

  5. eci says:

    Salam kenal minmin
    Makasi infonya
    Kallau di korsel kerjaan yg cocok buat wanita apa yaa

  6. Jambe Ndawe says:

    maaf baru bisa bales … ya banyak kerjaan di pabrik …

Coment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: