Holiday for Indonesian Labour (Cerita TKI Hongkong)


Nasib Pahlawan devisa atau para Tenaga kerja Indonesia (TKI) memang sangat buruk. Perjalanan mereka mulai dari perekrutan, pengiriman, penempatan hingga pemulangan selalu menjadi sumber rezeki banyak pihak. Uang yang dikirim dari luar negeri juga merupakan pemasukan bagi Negara. Akan tetapi nyaris tidak satu pihak pun di Indonesia yang secara serius dan konsisten menangani persoalan yang dihadapi para pahlawan devisa ini secara integrative, konfrehensif, tuntas dan manusia. Jasa mereka sangat terasa di desa asalnya, dan tidak disadari sudah sangat berperan dalam pembangunan desa baik secara ekonomi maupun fisik. Di tempat mereka bekerja, mereka harus memeras tenaga dan perasaan demi menunaikan tugasnya sebagai tenaga kerja. Pagi, siang, sore, malam dan pagi lagi mereka lakoni dengan sabar dan telaten.

Tanpa mengabaikan berbagai peran TKI kita, saya akan melihat sisi lain dari kehidupan TKI kita yang berada di kota Hong Kong dan sekitarnya. Kemarin saya ngobrol via email dengan seorang kawan (Mbak Mita S Mawarni) yang menceritakan saat – saat mereka berlibur melepas kepenatan selama seminggu bekerja. Mbak Mita adalah seorang TKW yang berasal dari salah satu kota di Jawa Timur, tepatnya Tulungagung. Dia hampir 4 tahun di Hongkong tepatnya di Central Hongkong. Bekerja… bekerja…. Dan bekerja…. Itulah keseharian Mbak Mita membanting tulang demi keluarganya. Hari Senin sampai Sabtu dia bekerja dan hari Minggu mendapat kesempatan libur.

pinjaman-tanpa-agunan

Hari Minggulah yang sangat dinantikan oleh para TKI di Hongkong dan mungkin di kota, Negara lain. Sungguh hari yang menyenangkan…. FREE and FRESH hahaha Sabtu malam dan Minggu Pagi dapat dipastikan wajah – wajah berseri dan gembira terlihat dari para TKI itu termasuk mbak Mita, tetapi pada Minggu malamnya pastilah capek setelah seharian berlibur menghabiskan waktu untuk menikmati hari “kemerdekaan” itu dan wajah sedkit muram karena beban kerja harus dilakoninya besok pagi. Capek deh…….

Biasanya kawan – kawan TKI berkumpul di suatu taman yang cukup nyaman untuk berlibur dan ngobrol – ngobrol, yaitu di Victoria Park atau dalam bahasa Hongkongnya Kunyun. Tempatnya juga cukup indah dan sudah tersedia beberapa fasilitas yang cukup untuk berbagai keperluan. Mall, tempat hiburan, tempat untuk duduk – duduk santai, penjual makanan semua sudah tersedia di sekitar area itu. (kecuali jagung bakar).Victoria Park inilah tempat favorit bagi kawan – kawan TKI di sekitar Hongkong. Victoria Park atau Kunyun berada di kota Coswebay (Dhonglowan). Kota ini situasinya sangat nyaman untuk shoping dan jalan – jalan. Taman itulah paling sering dijadikan tempat bertemu kawan – kawan TKI untuk saling cerita, curhat, berlibur melepas kepenatan malah mungkin juga ada yang cinta lokasi sesame TKI kwkwkwkw….

Lokasi Victoria Park cukup dekat dengan Central Hongkong, bisa di tempuh dengan naik “trem”, kendaraan semacam kereta (spoor) kecil, dalam bahasa Hongkongnya “Ayu thing – thing” eeehh “Ting – Ting” hehe. Kendaraan yang sangat murah meriah, cukup 2 dollar HK (kalau dikurs rupiah berapa ya……??). selain trem dapat juga naik bis kota atau MTR (kereta bawah tanah) tetapi bayarnya juga agak mahalan sedikit daripada trem. Para kawan – kawan TKI terkadang tidak terlalu memikirkan tentang tarip tapi yang penting bisa berlibur dan ber”happy” Happy” ria hehe….
Waktu untuk berlibur hanya sehari dan batas jam malam kembali ke mess atau tempat kerja rata – rata jam 20.00 waktu Hongkong. Lumayan …… (daripada tidak bisa liburan hehe). Makanya waktu yang hanya satu hari itu benar – benar dimanfaatkan oleh para TKI untuk menikmati waktu liburnya. Aktivitas mereka saat berlibur itu biasanya kumpul – kumpul bareng dengan sesama TKI, ngobrol – ngobrol, shoping, jalan – jalan di mall (Cuma lihat – lihat kali..), menikmati hiburan dan banyak lagi. Waahh… tentunya tidak sulit nih mencari kawan – kawan TKI di Hongkong…..

Selamat berlibur wahai kawanku, saudaraku dan para pahlawan Bangsaku… Untuk sementara bersabarlah demi keluarga. Biarkan para penguasa kita belum maksimal melindungimu tetapi yang penting masih bisa menikmati liburanmu dengan santai……. Yang penting HAPPY…

Salam untuk semua kawan, saudara TKI di manapun berada….

About Bedjo29Shop
Terimakasih Gan ..?! atas kepercayaannya belanja di lapak kami ... Kepuasan Agan adalah kebanggaan kami .....

2 Responses to Holiday for Indonesian Labour (Cerita TKI Hongkong)

  1. Siti Andrieani says:

    sekarang naek ting ting bukan 2 dolar lagi mas tapi 2 dolar 3sen xixixixixixi

  2. Jambe Ndawe says:

    gitu ya ,,,, tapi dolar lgi naik nih …..

Coment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: